You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mandalahaji
Desa Mandalahaji

Kec. Pacet, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Profil Masyarakat Desa

Administrator 28 Februari 2022 Dibaca 213 Kali
  1. Karakteristik Penduduk
  2. Berdasarkan Data hasil pemutahiran profil desa bulan Juni 2019, jumlah total penduduk desa mandalahaji sebanyak 14.388 jiwa yang tersebar di setiap kampung dari mulai Kp. Lebakmuncang sampai Kp. Lebak Kampeng.

Kualitas kesejahteraan keluarga masyarakat Mandalahaji pada tahun 2019 menunjukan angka yang cukup signifikan mendapatkan bantuan lebih banyak dari beberapa program seperti PKH, BPNT KIS/BPJS dan Bantuan lainnya.

  1. Secara Sosial dan ekonomi, penduduk Desa Mandalahaji dikelompokkan dalam mata pencaharian pada sektor pertanian, agama , pendidikan, Sosial Budaya.
  2. Aspek Mata Pencaharian

Secara umum mata pencaharian warga masyarakat Desa Mandalahaji dapat teridentifikasi ke dalam beberapa bidang mata pencaharian, seperti: petani, buruh-tani,TKI, PNS/TNI/Polri, karyawan swasta, pedagang, wirausaha, pensiunan, petemak. Serta pemuda dan penduduk laki-laki produktif bekerja sebagai tenaga di buruh/tukang bangunan proyek.

  1. Aspek Keagamaan

Dalam pespektif agama, masyarakat di Desa Mandalahaji termasuk dalam kategori masyarakat yang mendekati homogen. hal ini dikarenakan sebagian besar bahkan semuanya masyarakat Mandalahaji beragama Islam. Secara kultural, pegangan agama ini didapat dari hubungan kekeluargaan ataupun kekerabatan yang kental diantara mereka, selain itu perkembangan agama berkembang berdasarkan turunan dari orang tua ke anak dan ke cucu. Hal inilah membuat agama Islam mendominasi agama di Desa Mandalahaji nformasi yang diperoleh melalui wawancara mendalam dari tokoh-tokoh tua, bahwa selama pola-pola hubungan antar masyarakat masih banyak dipengaruhi oleh kultur organisasi Islam, seperti NU dan SI Meskipun begitu, situasi kondusif selama dapat tercipta dan terjaga   di Desa Mandalahaji sebagai masyarkat yang  islami .

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image